Internalisasi Survei Budaya Organisasi (SBO) Tahun 2025 - News - BPS-Statistics Indonesia Sukoharjo Regency

To get BPS data, please come to the BPS Integrated Statistics Service, Sukoharjo Regency, Jl. Bulakrejo - Gentan No. 3, Bendosari, Sukoharjo, every working day from 08.00 - 15.30

You can submit a service complaint to us http://s.bps.go.id/pengaduanbpssukoharjo or acces the People's Online Aspiration and Complaints Service (LAPOR) here

In an effort to improve the quality of our data and services to you, please fill out the Data Requirements Survey (SKD) via the link http://s.bps.go.id/3311_SKD2025

Internalisasi Survei Budaya Organisasi (SBO) Tahun 2025

Internalisasi Survei Budaya Organisasi (SBO) Tahun 2025

March 12, 2025 | Other Activities


Rabu, 12 Maret 2025 diadakan internalisasi di BPS Kabupaten Sukoharjo. Tema yang dibahas adalah persiapan BPS Kabupaten Sukoharjo dalam melaksanakan Survei Budaya Organisasi (SBO) Tahun 2025 yang menurut jadwal akan dilaksanakan pada bulan April 2025. Survei Budaya Organisasi berkaitan dengan core values ASN, Berakhlak. 
Kepala BPS Kabupaten Sukoharjo, Nurul Choiriyati sebagai pemateri, memberikan pemaparan tentang hasil nilai yang didapat BPS Kabupaten Sukoharjo dari Survei Budaya Organisasi (SBO) tahun 2024 dimana perilaku Kompeten mendapatkan nilai tertinggi dan perilaku Adaptif mendapatkan nilai terendah dan total nilai secara keseluruhan dari SBO 2024 adalah 61 (cukup sehat). Hal ini menjadi bahan evaluasi seluruh pegawai BPS Kabupaten Sukoharjo untuk melakukan perbaikan-perbaikan yang dibutuhkan dalam rangka melaksanakan SBO tahun 2025. Nurul berharap setelah dilakukan internalisasi, seluruh pegawai lebih mempersiapkan diri dan bisa mengisi atau menjawab pertanyaan di Survei Budaya Organisasi Tahun 2025 dengan 
lebih baik lagi, sehingga indeks SEHAT ( nilai SBO lebih dari 75 ) dapat tercapai.
SBO menghasilkan Indeks Implementasi Berakhlak. Dijelaskan bahwa Berakhlak sebagai core values nya ASN sudah diterapkan dan dilaksanakan oleh insan BPS. Berikut contoh penerapan Berakhlak di instansi BPS; Berorientasi Pelayanan, yang sudah dilakukan adalah merekrut petugas yang baik, pelatihan, pencacahan dan pengawasan lapangan, pengolahan, entri data, Validasi, Anomali, dan Diseminasi. Akuntable, yang sudah dilakukan adalah melaksanakan tugas sesuai tanggungjawab, Menggunakan Barang Milik Negara dengan tanggungjawab, dan tidak menyalahgunakan wewenang/jabatan. Kompeten, yang sudah dilakukan adalah diadakan knowledge sharing setiap hari rabu di BPS Kabupaten Sukoharjo. Harmonis, yang sudah dilakukan adalah menjenguk pegawai/keluarga yang sedang sakit. Loyal, yang sudah dilakukan adalah menjaga nama baik ASN, jabatan, pimpinan, dan instansi dan tidak melakukan moral hazard. Adaptif, yang sudah dilakukan adalah penggunaan aplikasi fasih sebagai media pencacahan (CAPI). Kolaboratif, yang sudah dilakukan adalah pojok statistik, Desa Cantik, dan Statistik sektoral.

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sukoharjo Jl. Bulakrejo-Gentan No. 3

Bendosari

Sukoharjo - Jawa Tengah

Indonesia

57527 Telp : (0271) 593057 Fax : (0271) 593057 Email : bps3311@bps.go.id

logo_footer

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia